pinter atur duit

Diposting oleh Grace Natalia Heryes


Pinter Atur Duit

Keberhasilan seseorang dalam bisnis atau bekerja juga ditentukan dari apa dia punya kecerdasan financial. Yup, sukses gak cuma soal pintar cari duit, tapi juga pintar ngatur duit. Untuk punya kecerdasaan financial gak usah nunggu besok kalau udah tua atau punya penghasilan sendiri. Sejak sekarang pun kamu bisa mulai belajar mengelola duit dengan bijak.
Soal keuangan, kita mesti tahu kalau yang terpenting bukanlah seberapa banyak duit jajan kita tapi gimana kita mengelola duit jajan tersebut dengan bijak. Duit jajan yang banyak tapi kalau kita gak bisa ngaturnya pasti akan terasa tidak cukup dan sebaliknya, jika kita pintar ngatur duit jajan kita, pasti semua terasa cukup. Nah mau tahu kan gimana caranya buat pinter mengelola keuangan. Come on Let’s Go…..,,,,,,,,,,,,……

1.      Needs and Wants
Nurutin keinginan tuh dijamin gak ada abisnya deh!! Keinginan gak selalu harus dipenuhi,, guys. Beda sama kebutuhan. Kebutuhan itu sesuatu yang memang kamu perlukan dan gak bisa ditawar-tawar lagi. Nah pastinya kamu bisa bedain mana itu kebutuhan dan mana itu keinginan. So, lebih baik kamu buat daftar need and wants supaya kamu bisa ambil keputusan. INGAT LOCH.. kalau kebutuhan kudu dipenuhi sedangkan keinginan masih bisa ditunda.
2.      Buat Perencanaan
Dengan punya perencanaan keuangan yang matang, kamu gak bakal “kebabalasan” dalam belanjain uang. So, kamu gak perlu bingung juga kalau di akhir bulan atau uang kiriman dari ortu belum datang karena kehabisan buat dipake jajan.
3.      Menabung
Tau gak sih? Menurut survey, didunia ini hanya 8% orang saja yang menabung dan sisanya gak punya tabungan sama sekali. Tentu nabung disini bukan cuma punya rekening dibank, tapi benar-benar nyimpen uang buat masa depan. Well, itu bukti kalau nabung emang gak gampang, menabung dibutuhkan suatu kedisiplinan. Tapi inget, waktu menabung jangan tunggu ada sisanya baru nabung karena biasanya kita begitu mudah ngabisin seluruh uang yang ada. Jangan menabung dari sisa uang tapi menabunglah sejak awal kamu terima uang. Lakukan itu dengan disiplin.
4.      Investasi
Sebagian dari kamu mungkin berpikir investasi itu urusan orang yang udah gawe atau yang kaya. Padahal ga ada larangan buat remaja menghasilkan uang dari keringat sendiri, asal tidak mengganggu tugas utama kita sebagai pelajar. Sisihkan sebagian uang jajanmu buat investasi, ya sekaligus modal buat latihan entrepreneur. Mulai dari hal yang simpel saja seperti beli emas atau jualan kecil-kecilan.
5.      Belajar Memberi
Salah satu ciri orang yang cerdas secara financial adalah memberi. Didalam dunia ini berlaku prinsip tabur tuai. Saat kita memberi, sebenarnya kita lagi menabur dan satu saat kita pasti akan menuainya. Memberi ga ngomongin nominal tapi soal kerelaan hati. INGAT,, memberi bukan pengurangan dan juga bukan penambahan tapi pelipatgandaan!!

Semoga dengan artikel ini bisa memberkati banyak orang. Ditunggu komentar dan masukkan kritik ya dan mohon maaf jika ada penulisan yang salah,,,,,,,, GBU


Daftar Pustaka :

Kwik, Petrus.2011.Renungan Spirit.Solo : Spirit Bookfield

9 komentar:

Grace Natalia Heryes mengatakan...

hahaha bisa aja kau ka, yap bener banget tuh makasi buat masukkan sarannya

GUNAWAN mengatakan...

memiliki banyak UANG utk kebhgian mugkin alasan yg paling dekat dgn MENABUNG , tpi uang bukanlah segalanya ..

5.Didalam dunia ini berlaku prinsip tabur tuai.
==>pikiran sprti ini pikiran yg mengelabui ,, krna tnpa disadari mengandung makna IMBALAN dari menabur ..

pujangga tanpa nama mengatakan...

jadi pada inti nya buat perencanaan(need and wants,menabung,invest) ,belajar memberi dan mensyukuri apa yang didapat ya? CMIIW ya

Ewing mengatakan...

nah, ini yang gue cari!

usmansoleh mengatakan...

ini teh nyindir diri sendr yah apa lagi yg point 3,MENABUNG,hahaha

thx info'a.

Septria Utami mengatakan...

aaaaaaaaaaaaah sangat bermanfaat tulisan mu grace (y)

meinna kei mengatakan...

suka deh :)

Erika Ermawaty mengatakan...

ini tulisannya bagus deh
saran demi kelangsungan hidup kita. hahahaha

shiella sasmita mengatakan...

dibutuhin sama yang diinginin bikin #jleb banget..
apalagi nabung -__-

Posting Komentar