MENGANALISIS KARAKTER KEPRIBADIAN SESEORANG MELALUI JEJARING SITUS SOSIAL

Diposting oleh Grace Natalia Heryes

Sekarang ini banyak sekali jejaring sosial yang ada mulai dari friendster, facebook, twitter dan masih banyak lagi. Begitu banyak orang yang menggunakan jejaring sosial ini karena jejaring ini memiliki banyak sekali manfaat yang di antaranya : menambah pertemanan, mencari orang yang selama ini sudah tidak lama berjumpa, menambah wawasan, mengenal karakter kepribadian seseorang, dan masih banyak lagi. Disini saya akan mencoba menganalisis karakter kepribadian seseorang melalui tampilan/foto pada jejaring situs sosial. Namun sebelumnya saya akan mencoba memberikan sedikit informasi mengenai apa itu karakter dan kepribadian.

Menurut bahasa, karakter adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan menurut ahli psikologi, karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu. Karena itu, jika pengetahuan mengenai karakter seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu. Unsur terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran karena pikiran, yang di dalamnya terdapat seluruh program yang terbentuk dari pengalaman hidupnya, merupakan pelopor segalanya. Program ini kemudian membentuk sistem kepercayaan yang akhirnya dapat membentuk pola berpikirnya yang bisa mempengaruhi perilakunya. Jika program yang tertanam tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip kebenaran universal, maka perilakunya berjalan selaras dengan hukum alam. Hasilnya, perilaku tersebut membawa ketenangan dan kebahagiaan. Sebaliknya, jika program tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsip hukum universal, maka perilakunya membawa kerusakan dan menghasilkan penderitaan. Oleh karena itu, pikiran harus mendapatkan perhatian serius.

Sedangkan kepribadian adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang. Kepribadian menurut pengertian sehari-hari adalah ciri-ciri yang menonjol pada diri individu tersebut. Kepribadian menurut psikologi, berdasarkan penjelasan Gordon Allport bahwa kepribadian sebagai suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur dan sekaligus proses. Jadi, kepribadian merupakan sesuatu yang dapat berubah.

Yap, tadi sedikit sudah saya berikan mengenai apa itu karakter dan kepribadian. Kini saatnya saya mulai untuk menganalisis karakter kepribadian seseorang, ya sebut saja alin. Kira-kira dia berumur sekitar 14 tahun. Alin memiliki beberapa karakter kepribadian yang bisa saya analisis melalui beberapa fotonya (*semua foto-foto ini sudah disetujui oleh pemiliknya*):

1. dia memiliki karakter yang dewasa dibanding dengan teman-temannya, dia bisa memutuskan/bisa mengambil keputusan yang tepat dalam hidupnya.


2. dia sangat mudah bergaul, suka dengan keramaian, memiliki teman yang banyak, dan menerima teman apa adanya(tidak pilih-pilih teman.


3. dia memiliki semangat yang cukup tinggi untuk mencapai apa yang dia inginkan dan periang


4. anak yang penyayang (sayang terhadap adiknya)


5. mudah menerima pelajaran dengan baik (anak yang pintar)


6. memiliki rasa percaya diri yang tinggi/narsis yang cukup tinggi


Sekian analisis saya mengenai seseorang, mohon dimaafkan apabila ada kesalahan terutama kepada alin.

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepribadian
http://koleksi-skripsi.blogspot.com/2008/07/teori-pembentukan-karakter.html
http://www.facebook.com/#!/profile.php?id=1777351517&sk=photos

11 komentar:

usmansoleh mengatakan...

Wah Kepribadian yg harus aku contoh salah satu'a adl dewasa'a menurutku dewasa selain sudah mengenal yg baik dan yg buruk dia jg bisa melakukan apa yg sesuai dgn pemikiran'a.hmm..analisa yg lumayan yah drpd lumanjat kan cape pa lg klo gx sa turun'a.hehe

Ewing mengatakan...

wah bagus yahhh.. :)

Anonim mengatakan...

hoho, analisis yang hebat mba.. :)

Vinni Febrina mengatakan...

Waaaaaaaaah baguuusss :)

Grace Natalia Heryes mengatakan...

thanx all :)

dina chairunnisa mengatakan...

lengkap banget penilaiannya,, kerenn :)

Lailiyatin Masitah mengatakan...

good job :)

theofredrik mengatakan...

whoaaww..teorinya lengkap sekaliii :D

Azizah Fathia mengatakan...

analisis yg bagus, sistematis sekali :) TOP!

Nunung Hairiyah mengatakan...

keren-keren..:)

shiella sasmita mengatakan...

penilaian+teorinya mantap!

Posting Komentar