Pengertian Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik
komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur
komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari
kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing
bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori (cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene,
dll.
Arsitektur komputer juga
dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai desain komputer yang meliputi set
instruksi, komponen hardware, dan organisasi atau susunan sistemnya. Ada dua
bagian yang pokok untuk arsitektur komputer yaitu instruction set architecture (ISA)/ arsitektur set instruksi dan hardware system architecture (HSA)/
arsitektur sistem hardware. ISA meliputi spesifikasi yang menentukkan bagaimana
programmer bahasa mesin akan berinteraksi dengan komputer, sedangkan HSA
berkaitan dengan subsistem hardware utama komputer yang meliputi CPU, sistem
penyimpanan dan input-output.
Pengertian Struktur
Kognisi
Struktur merupakan cara
sesuatu disusun atau dibangun, yang disusun dengan pola tertentu, sedangkan menurut
Neiser kognisi mengacu pada proses di mana input sensorik diubah, dikurangi,
dimaknai, disimpan, diambil kembali dan digunakan.
Menurut Piaget
(1896-1980) struktur kognitif merupakan mental framework yang dibangun
seseorang dengan mengambil informasi dari lingkungan dan menginterpretasikannya,
mereorganisasikannya serta mentransformasikannya. Terdapat beberapa aspek yang
mempengaruhi struktur kognitif, antara lain yaitu: a. Berdasarkan kedewasaan
dan perkembangan individu. b. Sifat belajar yang lebih bermakna dari pengalaman
yang terintegras. c. Ketepatan dalam mentransformasi informasi stimulus dan
pengalaman melalui fungsi kognisinya. Pandangan Piaget yang memandang manusia
memiliki suatu struktur kognitif dalam dirinya dibahas dalam aliran
konstruktivisme. Menurut aliran ini, suatu struktur kognitif dapat berubah
melalui suatu bentuk pengadaptasian. Dalam konteks informasi, pandangan
kognitif menekankan pada pengembangan model pemrosesan informasi dalam kerja
otak dan kesadaran manusia. Kognitif sains melihat alam berfikir manusia
sesuatu yang kompleks yang melakukan perilaku, yaitu : a. menerima (receives),
b. menyimpan (stores), c. menarik (retrieves), d. mentransformasi (transforms),
e. mentransmisi (transmits), dan f. informasi.
Kaitan Antara Arsitektur
Komputer dengan Struktur Kognisi
Pada awalnya para
psikolog kognitif meminjam istilah metafora komputer untuk mendeskripsikan
mengenai perspektif kognitif. Menurut model James dan Norman, yang didasarkan
pada rangkaian peristiwa dimana sebuah stimulus memasuki indera kemudian
didektesi melalui sistem sensorik, setelah itu disimpan dan diubah dalam bentuk
memori di dalam otak dan kita selalu berinteraksi dengan memori tersebut. Dalam
hal ini juga, kita melihat dari aspek kognitif yang terkait dengan penggunaan
sistem komputer yaitu bagaimana manusia memendang dunia sekitar; bagaimana manusia
menyimpan, mengelolah dan memecahkan masalah; dan bagaimana manusia secara
fisik memanupulasi obyek tersebut.
Terdapat tiga sistem
pemrosesan informasi pada manusia yaitu melalui saluran input-output (saluran
visual, saluran pendengaran, saluran peraba, dan pergerakan), informasi yang
disimpan dalam memori (memori sensorik, memori jangka pendek dan memori jangka
panjang) dan informasi yang diproses dan diaplikasi (penalaran, pemecahan
masalah, skill acquisition dan kesalahan). Begitu pula dengan arsitektur komputer
yang memiliki tiga sistem pemrosesan informasi yaitu input (text entry : keyboard, speech,
handwriting; pointing : mouse) dan
output (CRT, LCD, printer); memori
(memori jangka pendek : RAM dan memori jangka panjang : hard disk); dan proses
(efek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat, keterbatasan kecepatan
pemrosesan, jaringan dan pengaruh terhadap kinerja sistem).
Kelebihan dan
Kelemahan Arsitektur Komputer Dibandingkan Struktur Kognisi Manusia
Kelebihan dan
kekurangan dari arsitektur komputer, yaitu :
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Menggunakan teknologi time sharring
5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya
2. Harganya sangat mahal
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4. Kerjanya sangat lama
5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Kelebihan:
1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
4. Menggunakan teknologi time sharring
5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya
2. Harganya sangat mahal
3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
4. Kerjanya sangat lama
5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Kelebihan
dan kekurangan dari struktur kognisi, yaitu :
Kelebihan :
1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka.
Kelebihan :
1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka.
Kasus
Dalam kehidupan sehari-hari, terutama
yang masih mengenyam pendidikan, untuk menuju kenaikan kelas atau level akan di
adakan suatu ujian. Sebelum ujian itu berlangsung setiap individu akan belajar,
dimulai dengan mencari materi yang akan diujikan; kemudian membaca, menghapal
dan mengingat materi yang telah diajarkan oleh guru/dosen setelah itu keesokan
harinya individu tersebut mengikuti ujian dan menuangkan semua materi atau
bahan yang telah dipelajarinya pada ujian tersebut.
Analisi Kasus
Pada contoh kasus di
atas, dapat dilihat bahwa terjadi pemrosesan informasi pada manusia yaitu
melalui saluran input-output (saluran visual, saluran pendengaran, saluran peraba,
dan pergerakan) dalam contoh di atas yaitu membaca materi; informasi yang
disimpan dalam memori (memori sensorik, memori jangka pendek dan memori jangka
panjang) dalam contoh di atas yaitu menghapal materi yang akan diujikan dan
informasi yang diproses dan diaplikasi (penalaran, pemecahan masalah, skill
acquisition dan kesalahan) dalam contoh di atas yaitu mengingat kembali materi
yang telah dihapalkan dan menuangkannya pada ujiannya. Hal ini sama juga
seperti arsitektur komputer dimana memiliki tiga sistem pemrosesan informasi
yaitu input (text entry : keyboard,
speech, handwriting; pointing :
mouse) dan output (CRT, LCD, printer);
memori (memori jangka pendek : RAM dan memori jangka panjang : hard disk);
dan proses (efek dari sistem yang berjalan cepat dan lambat, keterbatasan
kecepatan pemrosesan, jaringan dan pengaruh terhadap kinerja sistem).
Daftar
Pustaka :
Dyta, F. (2012). Analisis perbedaan struktur kognisi manusia dan
arsitektur komputer.http://fadlandyta.wordpress.com/2012/03/30/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer/.
Diakses tanggal 07 Oktober 2013.
H.S, D. Suryadi. (1994). Pengantar Arsitektur
Komputer. Depok: Universitas Gunadarma.
R, Dewi Agushinta. (2007).
Interaksi Manusia dan Komputer. Jakarta : Universitas Gunadarma.
Solso, R. (2008). Cognitive
Psychology. Oklahoma: Pearson Eduction, Inc.
Wikipedia. (2013). Arsitektur Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer.
Diakses tanggal 24 Oktober 2013.
0 komentar:
Posting Komentar