SMART PROCESSOR

Diposting oleh Grace Natalia Heryes

Intel akan mengeluarkan processor generasi terbarunya tapi dengan nama tetap Core, tetapi beberapa bulan yang lalu Intel menamainya menjadi Core i3
Apa saja yang istimewa dari Processor Core i3 ini?
-    Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan prosessor generasi sebelumnya.
-    FSB ( Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface. Sementara ini hanya chipset yang mendukung QuickPath Interface saja yang bisa menggunakan processor ini, misal chipset Intel X58.
-    Memory Controller ada dalam processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri.
-    Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung processor ini ada 6 slot, sehingga memperbesar kapasitas memori
-    Processor Core i3 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
-    Core i3 menggunakan single-die device : core (inti processor) , memory controller (kontrol memori), dan cache berada dalam satu die.
-    Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B ( Socket LGA 1366)

Didalam processor Core i3 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yaitu Hyper-Threading yang dalam sistem operasi  ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi processor Core i3 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core.
Jenis-jenis processor Core i3 yang sudah dirilis adalah jenis Extreem Edition dan yang biasa, beberapa diantaranya adalah :
-    Core i3  Extrem Edition , dengan Clock 3,2 Ghz, 8 MB L3 Cache , 45 nm, Socket LGA 1366
-    Core i3 , dengan Clock 2,93 Ghz, 8 MB L3 cache, 45 nm, Socket LGA 1366
-    Core i3 dengan Clock 2,66 Ghz ,8 MB L3 Cache, 45 nm, Socket LGA 1366
Semua processor diatas mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor. Untuk versi yang lebih rendah misalnya Dual Core sementara ini Intel belum memberikan data secara resmi.

PERBANDINGAN Intel(R) i3 DENGAN PROCESSOR GENERASI SEBELUMNYA
Dengan peluncuran Core i3 baru (Nehalem) prosesor oleh Intel.Dalam posting ini, saya akan mencoba untuk daftar semua perbedaan dan juga alasan mengapa arsitektur Core i3 baru 

Core i3 adalah arsitektur yang sama sekali baru yang jauh lebih cepat dan lebih efisien daripada Core 2 Duo. Saat ini hanya Core i3 versi XE tersedia.Menawarkan performa yang lebih baik dari hampir semua prosesor Core 2 Duo.

0 komentar:

Posting Komentar