Manusia dan Kebudayaan

Diposting oleh Grace Natalia Heryes

Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena di ciptakan dengan akal pikiran. Manusia diberikan kuasa untuk mengelola bumi ini dan melestarikannya serta beranak cucu untuk memenuhi bumi ini.Merupakan manusia secara agama.Manusia secara biologi disebut homo sapien karena merupakan makhluk primata golongan mamalia yang dilengkapi dengan otak berkemampuan tinggi.Sedangkan manusia secara ekonomi disebut homo economicus karena manusia tidak pernah merasa puas akan kebutuhannya/akan apa yang dimilikinya.Dalam antropologi kebudayaan,manusia berdasarkan penggunaan bahasanya,organisasi dalam masyarakat serta dalam perkembangan teknologinya.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan manusia.
Kebudayaan merupakan seperangkat peraturan dan standar yang apabila dipenuhi oleh para anggota
masyarakat, menghasilkan perilaku yang dianggap layak dan diterima oleh para anggotanya

Unsur - unsur kebudayaan yaitu :
1. Bahasa
Bahasa adalah alat/perwujudan dari kebudayaan yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan tujuan untuk menyampaikan maksud hati kepada lawan bicaranya,melalui tulisan,gerakan tubuh maupun lisan. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.
2 Sistem Pengetahuan
Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang.Pengetahuan dimiliki oleh setiap suku bangsa yang ada didunia ini. Mereka memperolenya melalui pengalaman, penelitianan, intuisi dan wahyu.
3. Organisasi Sosial
Organisasi sosial adalah suatu perkumpulan masyarakat baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum sebagai partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara untuk mencapai tujuan tertentu yang tidak mungkin mereka capai
4. Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi
Manusia tidak pernah terlepas dari teknologi dan peralatan hidup karena inilah alat yang menunjang kehidupan mereka.
5. Sistem Mata Pencaharian
6. Sistem Religi/Kepercayaan
Manusia memiliki keterbatasan, kesadaran, dan pengakuan bahwa ada yang luar biasa diluar dirinya yakni Tuhan, maka mulai dari sanalah manusia memilih untuk memiliki suatu kepercayaan yang diyakininya dapat membawa pada keselamatan.Agama dan sistem kepercayaan lain sering terintegrasi denagn kebudayaan.
7. Kesenian
Kesenian mengacu pada nilai estetika/nilai keindahan yang diamati seseorang melalui mata ataupun telinga.

0 komentar:

Posting Komentar