PENGARUH LETAK GEOGRAFIS BELANDA TERHADAP SIFAT dan SIKAP PENDUDUKNYA

Diposting oleh Grace Natalia Heryes

Belanda adalah salah satu negara maju terkecil di dunia. Sebenarnya negara ini kurang beruntung karena letaknya lebih rendah dibawah permukaan air laut yang mengancam untuk terjadinya banjir, namun hal ini mendorong masyarakat Belanda untuk mecapai kemajuan negaranya dengan membuat tanggul(dijk)dan dinding laut.

Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Sifat liberalnya menjadi sebutan masyarakat internasional. Belanda juga menjadi tempat kedudukan Mahkamah Internasional. Amsterdam merupakan ibu kota Belanda dan Den Haag pusat administrasi dan kediaman Ratu Belanda.

Masyarakat kreatif, itulah yang menjadi Belanda negara yang modern dengan beberapa catatan yang istimewa. Sebagai contoh, dalam hal air dan reklamasi serta teknik membuat “daratan” di atas laut Belanda mempunyai ahli-ahli superior caliber dunia. Belanda juga mempunyai banyak pelukis ternama. Ketika abad ke-17, Belanda melahirkan banyak pelukis andal seperti Rembrandt van Rijn, Johannes Vermeer, Jan Steen dan lain-lain. Pelukis ternama abad ke-19 dan 20 pula ialah Vincent van Gogh dan Piet Mondriaan selain M.C. Escher (ahli seni grafik) dan Han van Meegeren (pemalsu seni). Secara umum, orang Belanda menyukai olahraga. Bila dilihat dari jumlah penduduknya yang relatif sedikit, negara Belanda banyak memenangkan piala di kejuaraan internasional. Contohnya, pada olimpiade musim panas di Sydney (2000), Belanda berada di tempat ke delapan dalam memenangkan piala emas. Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer. Selain itu, berenang, sepeda balap, tenis, dan bola voli juga digemari.

Letak Geografis

Di sebelah timur negara ini berbatasan dengan Jerman, di sebelah selatan dengan Belgia dan di sebelah barat dengan Laut Utara.

Salah satu bentuk muka yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tengara negeri Belanda, sedikit berbukit.Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.

Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk dan dinding laut. Sebagian kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, mesti direklamasi. Kawasan yang direklamasi itu dipanggil polder.

Salah satu konstruksi yang terkenal ialah "Afsluitdijk" (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m.

Negara ini dibagi kepada dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas.

Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya, yang menyebabkan iklim kepulauan yang sederhana, dengan musim panas yang dingin dan musim sejuk yang sederhana.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda

0 komentar:

Posting Komentar